Jumat, 11 November 2011

PENGGUNAAN SIMBOL GRAFIS DALAM INTERAKSI MANUSIA DENGAN KOMPUTER

Pada interaksi manusia dengan komputer kita tentunya mengenal beberapa simbol-simbol grafis yang sering kita temukan dan tidak asing lagi. terkadang kita tidak pernah memikirkan bagaimana simbol-simbol tersebut yang harus digunakan, mengapa simbol tersebut yang pantas digunakan. kita sebagai orang awam tentunya tidak berpikir sejauh itu bagaimana hal tersebut dapat terbentuk. terlepas dari permasalahan di atas, simbol-simbol yang terdapat dalam IMK tentunya sangat membantu memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan hal ini tidak terlepas dari fungsi IMK itu sendiri dimana simbol tersebut dibuat untuk memudahkan kita sebagai pemakai mampu mengoperasikan simbol tersebut sesuai kegunaannya.

Sebagai contoh kita mengenal simbol help(?), atau pun simbol close(x), apakah terlintas dari pikiran kita mengapa untuk menutup sebuah aplikasi menggunakan simbol (x) atau misalkan untuk help menggunakan simbol tanda tanya(?), padahal masih banyak simbol yang lain. mungkin kita berpikir simbol tanda tanya(?) merupakan simbol yang digunakan apabila kita menanyakan suatu hal, jadi apabila kita menemui kesulitan, kita dapat menggunakan simbol tanda tanya(?), masuk akal namun semua nya kembali pada diri kita masing-masing bagaimana menilai suatu simbol-simbol yang ada pada IMK. Terlebih kita juga harus mengetahui bahwa simbol tersebut tidak semena-mena dibuat, tetapi memang ada penemunya di zaman dahulu, yang bagaimana mereka memikirkan dan membuat simbol-simbol tersebut dapat dipahami dengan mudah. kita pun sampai saat ini masih merasakan manfaat dari simbol-simbol yang ada, bahkan kita sudah hapal diluar kepala kegunaan beberapa simbol yang ada. keterbiasaan kita menggunakan komputer juga mempengaruhi pemahaman terhadap simbol yang ada, jadi banyak faktor yang lain terhadap penggunaan simbol-simbol grafis yang biasa kita temukan pada IMK yang perannya membantu kita sebagai user dalam memecahkan dan memahami sebuah solusi pada penggunaan komputer.

1 komentar:

  1. sehubungan sudah kembalinya rutinitas pembelajaran softskill,akan lebih baik jika kawan menyisipkan link UG www.gunadarma.ac.id sebagai identitas mahasiswa Universitas Gunadarma dan juga menjadi salah satu kriteria penilaian tugas softskill, terima kasih :)

    BalasHapus